Inovasi Jendela

Assalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh.

Oke, sebelumnya saya membahas tentang inovasi pintu. Apabila rumah hanya ada pintu saja tentu tidak enak kan. Oleh sebab itu saya akan mebahas tentang inovasi jendela. Check this out.

FERROFLUID SCALES

Screenshot_25.png

velux-award-winner-v220514-2

Ferrofluid Scales merupakan  inovasi jendela atap dengan sistem pembayangan magnetik menggunakan ferrofluid. Didesain oleh Hyunjeong Kim seorang mahasiswi dari Berlin University of Arts dalam kompetisi VIDA (International Design Awards) 2014.

Jendela atap merupakan salah satu sumber cahaya di siang hari, sumber udara segar. Tujuan dari kompetisi VIDA 2014 adalah mencari desain jendela atap yang mempuyai daya tarik dan unik untuk memperkaya kehidupan dengan cahaya dan mencipta lingkungan yang lebih baik untuk tinggal, bekerja dan bermain.

Ferrofluid adalah bahan semi-cair yang terbuat dari nano Ferromagnetik yang dapat bereaksi dengan medan magnet. Apabila ferrofluid didekatkan oleh medan magnet, maka ia akan tersuspensi atau menjadi padat. Hal ini memungkinkan ferrofluid dapat mengontrol cahaya dan bayangan yang akan masuk kedalam bangunan.

pemasangana

Gambar di atas adalah sebuah detai dari installasi ferrofluidscales.

Wadah terbuat dari gelas kaca yang berisi 2 zat cair yaaitu ferro fluid dan suspension liquid. Kamudian medan magnet terpasang linier disepanjang gelas kaca. Semakin besar medan magnet, ferrofluid akan tersuspensi lebih sehingga cahaya dapat melaluinya. Sebaliknya, bila medan magnetnya kecil, maka cahaya tidak masuk karena ferrofluid tetap dalam keadaan cair dan menutupi gelas kaca. Oleh sebab itu kita dapat mengatur cahaya yang diinginkan melalui besar medan magnet dan bentuknya.

Keuntungan dari ferrofluid scales ini adalah:

  1. Cahaya yang masuk dapat dikontrol
  2. Menambah nilai estetis
  3. Ramah lingkungan

Sedangkan kerugiannya adalah:

  1. Tidak dapat memahan beban berat seperti salju karena terbuat dari gelas kaca.

 

Oke, Sekian hal yang dapat saya bahas. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber:

http://materia.nl/article/magnetic-window-shade/

http://www.e-architect.co.uk/awards/international-velux-award-students-architecture

 

 

 

Tinggalkan komentar